• DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  • Menuju Masyarakat Informasi Indonesia

BTS BAKTI

Pembangunan Menara Telekomunikasi BTS BAKTI

 

Dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur bidang telekomuniksai melalui program Pembangunan Infrastruktur 4G sebagai perwujudan  pelaksanaan pengelolaan pembiayaan Kewajiban Pelaksanaan Universal (KPU) oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) yang merupakan salah satu lembaga dibawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemnkominfo).

BAKTI merupakan sebuah badan yang sebelumnya didirikan pada tahun 2006 namanya masih BTIP (Balai Telekomunikasi dan Informatika Pedesaan), kemudian pada tahun 2010 ganti nama lagi menjadi BP3TI (Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika), dan ditahun 2018 sampai saat ini namanya diganti yang lebih keren dan mudah dihafal, yaitu BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi).

Tujuan berdirinya BAKTI sebagai upaya mewujudkan nawa cita yang salah satunya meningkatkan pembangunan infrastruktur, namun pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas BAKTI adalah daerah-daerah terpencil yang belum menyentuh fasilitas dan pelayanan telekomunikasi. Daerah-daerah terpencil yang dimaksud lebih dikenal dengan sebutan 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal), jadi 3T ini merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk wilayah-wilayah yang berada terpencil maupun perbatasan

Sebagai informasi, program 3T dari BAKTI ini merupakan program yang lahir di era Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dibawah naungan Kemkominfo. Meskipun ribuan wilayah sudah mendapatkan fasilitas telekomunikasi melalui program tersebut, namun BAKTI masih tetap menyasar wilayah yang sudah menjadi target selanjutnya.

Adapun program pembangunan infrastruktur telekomunikasi ini tujuannya bukan lebih kepada profit oriented, tapi lebih mengutamakan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di 3T. Anang menjelaskan, BAKTI bukanlah operator, melainkan tugas BAKTI adalah menciptakan sebuah skema yang nantinya skema tersebut dibawah juga kepada industri BAKTI yakni sektor telekomunikasi.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Bandwith Internet

Speed Internet

23/08/2022 06:45 - Oleh Administrator - Dilihat 260 kali
Server Hosting

Panel website

23/08/2022 06:42 - Oleh Administrator - Dilihat 280 kali
Pengajuan Sub Domain Website

Pengajuan Sub Domain Website

23/08/2022 06:37 - Oleh Administrator - Dilihat 534 kali
Ijin Rekomendasi BTS

Ijin Rekomendasi BTS

23/08/2022 06:31 - Oleh Administrator - Dilihat 336 kali
Internet Sekolah

Internet Sekolah

23/08/2022 06:24 - Oleh Administrator - Dilihat 306 kali